Friday 11 January 2013

10 Album Pop Rock Alternative Terbaik

Genre Musik Rock Alternative mulai populer diawal tahun 90an dan Nirvana adalah salah satu cikal bakalnya. Banyak sekali band-band beraliran Rock Alternative muncul ke permukaan bahkan hingga sekarang. Berikut 10 album Rock Alternative menurut versi saya.

1. Ok Computer-Radiohead



Mungkin saya berlebihan mengatakan ini tapi menurut saya Ok Computer adalah album terbaik sepanjang masa. Album ini banyak menginspirasi musisi-musisi hebat dimasa datang seperti Chris Martin dan Matt Bellamy. Komposisi lagu-lagu didalamnya sangat sempurna. Dengan tentu saja Paranoid Android sebagai lagu terbaik di album ini. Album ini masih didominasi oleh gitar, namun telah menggunakan sedikit banyak sentuhan elektronik. Dan album ini adalah cikal bakal untuk album-album seterusnya yang kita tahu total dengan sentuhan elektronik. Tema dalam album ini adalah kritik terhadap konsumerisme, ketidakpedulian sosial, politik yang bobrok, dan keputusasaan terhadap pemerintah. Sangat tipikal Thom Yorke :)


2. Nevermind-Nirvana




Mungkin banyak pihak yang tidak setuju saya menempatkan album Nevermind diposisi kedua. Namun karna saya adalah cenderung menyukai Radiohead maka saya menempatkannya diposisi 2. Tapi bagi yang kecewa saya harus mengatakan ini bahwa album ini adalah pioner revolusi musik rock ditahun 90an dan merupakan salah satu album terbaik. Semua lagu dialbum ini bahkan menjadi hits saat itu :)

3. Absolution-Muse



Album yang rilis tahun 2003 ini memang tidak diragukan lagi adalah album terbaik muse. Suara melengking nan dahsyat khas dari bellamy sangat indah didengar dialbum ini. Inilah album pertama Muse yang sukses diterima dipasar musik amerika. Dan lagu Stokhlom Syndrome adalah lagu favorit saya dialbum ini. Album ini secara umum membawa tema pemberontakan, ketakutan dan rasa ketidakpercayaan.



4. A Rush of Blood To the Head-Coldplay




Semua lagu dialbum coldplay yang satu ini sangat enak didengar. Saya sendiri sangat menyukai lagu A rush blood to the head dialbum ini. Perpaduan gitar listrik dan piano menjadi ciri khas dari album ini. Para kritikus merespon album ini dengan sangat positif. Diminggu pertama peluncurannya album ini langsung melesat ke posisi pertama UK Charts


5. Blue Album-Weezer

BLUE ALBUM (1994)


Band yang baru saja sukses melangsungkan konser di jakarta ini dengan Blue albumnya adalah fenomena ditahun 1994. Banyak musisi-musisi muda di amerika bahkan dunia yang terpengaruh dengan style musik mereka. Lagu-lagu andalan dialbum ini adalah Say it ain't so, Buddy Holy, In Garage dan lain-lain. Sampai sekarang lagu-lagu mereka dialbum ini masih banyak dinyanyikan dipenjuru dunia.


6. (What's The Story) Morning Glory?-Oasis


(What's the Story) Morning Glory? (1996)

(WHAT'S THE STORY) MORNING GLORY? adalah puncak kejayaan OasisLiamNoel dan kawan-kawan sukses menciptakan lagu-lagu legendaris seperti Wonderwall, Don't Look Back in Anger serta Champagne Supernova. Sukses ini makin lengpkap setelah Liam Gallagher dan kawan-kawan merebut titel Brit Awards untuk kategori Best British Album tahun 1996. Bahkan pada 2010 album ini meraih gelar Best British Album sepanjang 30 tahun terakhir pada 2010 setelah terjual lebih dari 22 juta keping di seluruh dunia.

7. 13-Blur

13 (1999)
Blur dan Oasis adalah rival di Inggris sebelum dua pentolannya, Noel Gallagher dan Damon Albarn berdamai awal tahun ini.Blur memiliki sejumlah album besar pada era 90-an. Namun sepertinya album 13 adalah yang paling fenomenal. Dirilis pada 15 Maret 1999, Blur memperkenalkan hits besar macamTender, Coffe & TV, No Distance Left to Run lewat album ini. Album ini adalah salah satu puncak kejayaan Blur. Berkat album ini pula Damon Albarn dan kawan-kawan meraih gelar Best Album versi NME pada tahun 2000.

8. Dookie-Green Day

DOOKIE (1994)
1 Februari 1994, trio punk asal California yang menamakan dirinya Green Day merilis sebuah album besar berjudulDookie. Album ketiga Green Day ini tercatat di peringkat 193 daftar The 500 Greatest Albums of All Time. Komposisi lagu di album ini memang sangat menggiurkan, salah satunya adalah Basket Case yang sangat identik dengan era 90-an. Belum lagi nomor maut seperti Longview, When I Come Around atau Welcome to Paradise. Jangan lupa, album DOOKIE juga meraih penghargaan Grammy Award for Best Alternative Music Album tahun 1995.

9.Foo Fighter-Foo Fighter

FOO FIGHTERS (1995)

Dave Grohl memikul beban berat pasca kematian rekannya di NirvanaKurt Cobain. Usai kesuksesan besar Nirvana dan kematian CobainGrohl adalah satu-satunya harapan fans Nirvana untuk mendapatkan musik yang tak kalah berkualitas. Grohl menyikapi tantangan itu dengan brilian. Ia membentuk Foo Fighters dan merilis album dengan nama yang sama, FOO FIGHTERSJangan harap mendengarkan musik yang mirip dengan Nirvana di album ini. Grohl punya gaya sendiri yang ingin ia tampilkan. Hasilnya simak hits populer era 90-an macam I'll Stick Around, Big Me dan lain-lain. 

10. Still Not Getting Any-Simple Plan



Ini adalah lagu masa kecil saya waktu smp. Lagu-lagu di album ini sangat enak-enak didengar. Lagu Crazy adlah favorit saya dialbum ini. Bertemakan pemberontakan remaja, kegilaan masyarakat, album ini sangat cocok didengarkan bagi remaja yang ingin menemkan jati diri. Sayang album-album Simple Plan yang selanjutnya tidak pernah lagi sebagus ini bahkan mendekati pun tidak.




2 comments:

  1. jgn pernah lupakan album siamese dream, sebuah mahakarya dahsyat di era 90an...

    ReplyDelete
  2. Sepakat dgn anonymous 1 March 2014 02:04, album Siamese Dream sebuah mahakarya dari band Smashing Pumpkins yang layak masuk daftar di atas

    ReplyDelete